Cara Merangkum Dari Video Youtube Menjadi Text Secara Otomatis - Kemala Nisa

Cara Merangkum Dari Video Youtube Menjadi Text Secara Otomatis

Daftar Isi [Tampil]

Youtube adalah platform yang dipakai untuk mengupload video yang bisa disaksikan oleh semuanya orang di penjuru dunia. Ada beberapa video yang ada pada platform Youtube sejak dahulu sampai sekarang ini. Beragam tipe video yang sudah di upload bisa disaksikan dengan gratis oleh semua pemakai Youtube. Melimpahnya video yang ada membuat info makin gampang diperoleh, ini tentu saja benar-benar berguna buat menambahkan pengetahuan.

Enggak jarang-jarang info yang ada pada video Youtube diperlukan untuk ringkasan pekerjaan sekolah atau kuliah. Untuk meringkas info yang ada pada video, banyak orang tentunya menulis dengan manual sambil dengarkan video itu. Sekarang ini anda engga perlu mengerjakan hal itu kembali, karena ada situs yang bisa dipakai untuk meringkas video Youtube menjadi teks secara otomatis tanpa perlu menulis.

Situs itu yang memiliki nama anthiago.com yang bisa dijangkau gratis lewat browser pada handphone atau computer. Dengan terhubung situs anda bisa mengekstrak subtitle dari video Youtube jadi teks secara automatis. Tentu saja fitur ini benar-benar pas jika ingin meringkas video interview, informasi atau video evaluasi.

Beragam bahasa dapat dipilih sesuai sama keperluan masing-masing. Dimulai dari Bahasa Inggris, Indonesia, Fillipina, Malaysia dan ada banyak bahasa asing yang lain.

Langkah Cepat Meringkas Video Youtube Jadi Teks


Jika anda memerlukan situs yang bisa meringkas video jadi teks secara automatis, langsung bisa terhubung anthiago.com. Panduan untuk meringkasnya lumayan gampang, anda dapat ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Membuka Video Youtube


Pertama tentunya persiapkan video Youtube yang ingin diringkas jadi teks. Anda bisa buka video lewat browser pada perangkat handphone atau computer.

2. Salin Link Video Youtube


Seterusnya anda harus mengopi link video yang ingin anda ringkas. Triknya lumayan gampang, anda bisa menyortir link pada kolom penelusuran atau dengan memencet tombol Sharing lalu copy linknya.

3. Meringkas di Situs Anthiago


Sesudah mengaplikasikan 2 cara di atas, seterusnya anda bisa buka situs https://anthiago.com/transkrip/ pada tab baru di browser.

Jika situs sukses dibuka, lekatkan link video yang sudah disalin pada kolom putih yang ada di bawah opsi bahasa.

Tentukan bahasa yang anda butuhkan lalu pencet tombol Transkrip supaya video mulai diringkas oleh situs Anthiago.

4. Menyalin Hasil Teks Ringkasan


Seusai tunggu beberapa menit hasilnya bisa anda saksikan dengan menggulir ke sisi bawah. Akan ada teks lengkap dimulai dari judul sampai semua pembicaraan dari video yang sudah anda tentukan seperti gambar berikut ini.


Cara paling akhir tentu saja mengopi hasilnya dan merapihkan teks memakai Microsoft Word atau Notepad.

Solusi Dari Masalah Yang Kerap Terjadi


Adapun masalah yang kerap dirasakan saat memakai fitur meringkas automatis. Berikut masalah yang umum terjadi dan solusi yang bisa dipraktekkan, baca berikut ini.

1. Ringkasan Enggak Rapih


Memakai cara meringkas automatis tentu saja mempunyai kekurangan. Di mana satu diantaranya ialah teks jadi sambung semua dan engga rapi. Tentu saja ini benar-benar mengusik apa lagi jika durasi waktu video panjang dan teks yang dibuat lumayan banyak.

Karena itu jalan keluar yang bisa dipraktekkan ialah mengubah dengan manual buat menambahkan pertanda baca yang kurang. Anda dapat manfaatkan fitur Find and Replace yang ada pada Microsoft Word.

2. Video Engga Dapat di Ringkas


Situs Anthiago cuman bisa bekerja dengan mengekstrak subtitle pada video Youtube. Oleh karena itu, video yang engga mempunyai subtitle tentu saja engga bisa diringkas automatis.

Tiap permasalahan tentu ada jalan keluarnya, untuk permasalahan ini anda bisa memakai Google Docs sebagai alternative untuk meringkas video tanpa subtitle secara automatis.

Tapi langkah ini cuman bisa diaplikasikan memakai perangkat computer atau netbook. Berikut langkah meringkas video Youtube memakai Google Docs, baca berikut ini.

  1. Pertama membuka Kontrol Panel pada computer/netbook.
  2. Masuk ke Hardware and Sound lalu pilih menu Sound.
  3. Akan ada pop up halaman, seterusnya pilih menu Recording.
  4. Pada halaman Recording click kanan Stereo Mix, lalu tentukan Set as Standar Device.
  5. Lanjut dengan buka situs docs.google.com lalu buat Blank dokumen.
  6. Tujukan cursor dan click menu Tools lalu tentukan Voice Typing, atau dapat membuka dengan pencet tombol CTRL+SHIFT+S.
  7. Tentukan bahasa, lalu putar video yang ingin diringkas dan pencet icon Microphone untuk memulai menulis suara automatis.
Dengan itu bisa meringkas secara automatis video tanpa subtitle. Kelemahan pada langkah ini ialah harus menanti sampai video usai.

Solusi Jika Stereo Mix Engga Ada


Penataan tiap computer tentu saja berbeda, jika pada perangkat anda engga ada opsi Stereo Mix jalan keluarnya ialah memunculkan lewat cara manual. Triknya lumayan gampang, anda perlu click kanan di halaman Recording lalu contreng Show Disabled Devices.

Dengan itu opsi Stereo Mix akan ada, seterusnya perlu click kanan pada Stereo Mix lalu tentukan Enable dan pencet tombol Set Standar.

Penutup


Demikianlah langkah paling mudah untuk meringkas video dari youtube menjadi teks secara automatis. Tentu saja memakai ke-2 langkah di atas lebih kurang sama juga, hasilnya harus tetap di ubah kembali supaya engga acak-acakan.

Jika merasakan masalah yang engga dapat anda tangani, dapat tanya pada kolom komentar. Demikian dan terima kasih, mudah-mudahan adanya artikel ini anda bisa tertolong.

Belum ada Komentar untuk "Cara Merangkum Dari Video Youtube Menjadi Text Secara Otomatis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close